Waspada tindak kejahatan melalui Internet

Dahulu, sebelum internet mudah dijangkau, setiap orang harus rela antri di bank untuk membuat tabungan baru. Dahulu, setiap orang harus rela antri di ATM hanya untuk melakukan tranfer sejumlah uang. Dahulu, setiap orang harus datang langsung ke toko, pasar dan supermarket untuk membeli keperluan.

Dahulu, setiap orang harus rela antri hanya sekedar untuk membayar listrik, telepon, air minum dan hal hal lainnya. Itu dahulu, sebelum fasilitas internet mudah didapat setiap orang, tapi sekarang, Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi tiap orang, bahkan anak kecil yang belum sekolah pun sudah disuguhi internet sebagai teman bermain.

Apakah Internet membawa manfaat?...ya tentu saja, banyak sekali pekerjaan, kebutuhan dan lain sebagainya menjadi mudah dengan adanya Internet. Belanja kebutuhan rumah tangga, bayar listrik, telepon, tv kabel dan lain sebagainya bisa dilakukan dirumah dengan bantuan Internet.

Banyak toko toko online bermunculan, banyak jasa jasa pembayaran tersedia, media sosial tempat saling berbagi dengan teman teman yang berjauhan, dengan keluarga yang nun jauh disana serta beribu ribu manfaat lainnya yang bisa didapat dengan menggunakan Internet.

Waspada tindak kejahatan melalui Internet

Dibalik banyaknya manfaat tersebut, Internet juga dijadikan oleh orang orang tidak bertanggung jawab untuk mejalankan aksi kejahatannya. Sering kita dengar orang disekitar kita yang menderita kerugian materi akibat menjadi korban penipuan melalui Internet.

Selain korban penipuan, ada juga yang menjadi korban penculikan yang ataupun pemerkosaan. Kenapa bisa terjadi hal demikian?...jawabannya adalah karena kita belum tau dampak buruk dari Internet, mudah tergoda dan kurangnya pengetahuan tentang Internet ini.

Baca juga: Awas, begini tanda tanda akun facebook akan dicuri

Pada artikel ini, kita akan menyingkap beberapa tindak kejahatan yang sering terjadi melalui akses internet agar kita bisa lebih waspada dalam menggunakan Internet dan terhindar dari tindak kejahatan tersebut.

Tindak Kejahatan Penipuan melalui Internet

Tindak kejahatan Penipuan secara Online (Internet) adalah yang seringkali kita dengar, ada yang tertipu ketika belanja online dimana ketika uang sudah ditransfer namun barang yang dibeli tidak kunjung dikirim atau barang yang dikirim ternyata kosong. Ada juga kasus minta pulsa atau transfer uang menggunakan media sosial teman si korban dan tindak penipuan lainnya.

Tindak Kejahatan Penculikan melalui Internet.

Kasus kejahatan ini biasanya terjadi pada remaja dan anak anak yang menggunakan media sosial. Diawali dengan chatting, saling cerita, diimingi sesuatu, apakah itu ditraktir atau nonton bioskop dan setelah terasa akrab, penjahat akan mengajak korban untuk bertemu. Pada saat bertemu itulah korban diculik.

Tindak Kejahatan Pemerkosaan melalui Internet.

Sama halnya dengan kejahatan penculikan diatas, modus yang dilakukan penjahat kurang lebih sama, berteman dimedia sosial, mulai mengajak chatting dan setelah akrab si penjahat mengajak korban untuk bertemu disuatu tempat. Dalam kasus ini, korban adalah remaja perempuan yang mudah tergoda dengan rayuan dan iming iming.

Tindak Kejahatan Pencurian Data Pribadi melalui Internet.

Pencurian tidak hanya terjadi dirumah, dikantor atau tempat tempat lain, melalui Internet pun pencurian bisa terjadi, hanya saja yang dicuri bukanlah berupa barang melainkan berupa data pribadi. Data pribadi yang sering menjadi target pencurian adalah data login seperti username dan password, data data bank, kartu kredit dan data data penting lainnya yang menggunakan Internet.

Berbagai macam cara digunakan penjahat untuk mendapatkan data data pribadi ini, seperti membuat situs palsu (phising), menyebarkan virus atau langsung menyusup kekomputer korban, kesemua itu membutuhkan fasilitas Internet.

Baca juga: Hati hati membuat status di Media Sosial

Tindak Kejahatan Pencemaran Nama Baik melalui Internet.

Pencemaran nama baik juga termasuk kategori kejahatan, biasanya kejahatan ini terjadi karena ada rasa tidak senang dengan orang lain sehingga orang tersebut dijelek jelekkan melalui media soaial (Internet). 

Biasanya kejahatan ini tidak lepas dari kejahatan pencurian data pribadi, misalnya dengan mencuri data login media sosial korban dan kemudian si penjahat mulai memposting hal hal yang jelek menggunakan media sosial korban yang dicurinya.

Tindak Kejahatan Adu Domba melalui Internet.

Mungkin Anda pernah menjadi korban kejahatan ini, fasilitas utama kejahatan ini adalah media sosial yang notabene menggunakan jaringan Internet. Penjahat akan berusaha mengadu domba kita dengan yang lainnya menggunakan media ini dengan tujuan terjadi perselisihan. Sama halnya dengan kejahatan pencemaran nama baik, biasanya ini dilakukan karena ada rasa tidak senang terhadap korban.

Itulah beberapa tindak kejahatan yang bisa timbul dari pengunaan Internet, untuk saat ini kita ungkap sekilas saja, di artikel selanjutnya kita akan ulas lagi lebih mendalam tentang tindak kejahatan ini dan bagaimana solusi untuk menghindarinya.

Demikianlah, dibalik banyaknya manfaat yang bisa didapat dari Internet, banyak juga yang harus kita waspadai, pintar pintar lah menggunakan Internet, jangan sampai kita menjadi korban dari para penjahat hanya karena ketidakwaspadaan kita.

Internet itu ibarat pisau yang tajam, bisa bermanfaat jika kita gunakan untuk yang baik, bisa juga menjadi fasilitas kejahatan jika digunakan untuk sesuatu yang jahat. Jadilah pengguna Internet yang Smart.

Donasi

Terima kasih telah mengunjungi Blog kami, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi teman teman semua.

Bagi teman teman yang ingin berpartisipasi memberikan DONASI untuk kelancaran Blog ini, bisa melalui:

  • OVO
  • DANA
  • GoPay

Donasi melalui OVO, DANA atau GoPay bisa dikirimkan ke nomor kami +62813-654-99888

Terima kasih untuk teman teman yang sudah memberikan DONASI, semoga kami tetap bisa selalu memberikan informasi yang berguna melalui Blog ini.

Admin

Jika ada pertanyaan atau sesuatu yang ingin disampaikan, jangan sungkan untuk bertanya dan memberikan komentar pada kolom dibawah ini:

OGITUYA.com ©
All Rights Reserved